Daftar istilah ekologi laut tropis…


oleh Hendra Surianta Sembiring , NPM :230210080008

Untuk mengakses RESUME EKOLOGI LAUT TROPIS dapat diakses DISINI

Autotrophic = golongan organisme yang dapat mengikat energi surya dan dapat merubah sumber bahan anorganik sederhana ke dalam molekul organik yang lebih kompleks.

Biogeocoenosis = Makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya .

Baku Mutu Laut = Adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi atau komponen yang ada atau harus ada dan atau unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya di dalam air laut.

Ekosistem = Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi .

Ekosistem terestrial = suatu kawasan daratan yang mencakup semua organisme di dalam suatu daerah yang saling memperngaruhi dengan lingkungan fisiknya sehingga arus energi mengarah ke struktur makanan, keanekaragaman biotik dan daur-daur bahan yang jelas di dalam sistem.

Heterotrophic = organisme yang mampu memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai makanannya bahan makanan itu disintesis dan di sediakan oleh organisme lain.

Suksesi Primer = Suksesi primer terjadi jika suatu komunitas mendapat gangguan yang mengakibatkan komunitas awal hilang secara total sehingga terbentuk habitat baru. Gangguan tersebut dapat terjadi secara alami maupun oleh campur tangan manusia. Gangguan secara alami dapat berupa tanah longsor, letusan gunung berapi, dan endapan lumpur di muara sungai. Gangguan oleh campur tangan manusia dapat berupa kegiatan penambangan (batu bara, timah, dan minyak bumi).

Suksesi sekunder = Suksesi sekunder terjadi jika suatu gangguan terhadap suatu komunitas tidak bersifat merusak total tempat komunitas tersebut sehingga masih terdapat kehidupan / substrat seperti sebelumnya. Proses suksesi sekunder dimulai lagi dari tahap awal, tetapi tidak dari komunitas pionir.

Daur biogeokimia = Biogeokimia adalah pertukaran atau perubahan yang terus menerus, antara komponen biosfer yang hidup dengan tak hidup.

Daur Nitrogen = Daur nitrogen adalah transfer nitrogen dari atmosfir ke dalam tanah. Selain air hujan yang membawa sejumlah nitrogen, penambahan nitrogen ke dalam tanah terjadi melalui proses fiksasi nitrogen.

NICHE = tidak hanya meliputi ruang/tempat yang ditinggali organisme, tetapi juga peranannya dalam komunitas, dan posisinya pada gradient lingkungan: temperatur, kelembaban, pH, tanah dan kondisi lain.

Erstuaria = adalah teluk di pesisir yang sebagian tertutup, tempat air tawar dan air laut bertemu dan becampur.

1 Komentar

  1. 15 April 2010 pada 4:46 am

    […] harfiah atau bahasa Ekosistem berasal dari kata dalam bahasa asing yakni Biogeocoenosis. Biogeocoenosis berasal dari dua kata yaitu Biocoenosis yang ¬†berarti komponen Biotik dan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: